Sabtu, 09 Maret 2013

Pengaruh Buruk Dari Ruangan Ber-AC

Efek Buruk Dari Ruangan Ber-AC
Untuk sekarang ini, semua perkantoran,  apartement, hotel, restoran bahkan rumah  sudah  mempunyai AC, semua ini di sebabkan karena suhu buni yang tak lagi sejuk. Memang sih AC banayak membantu kita dari terjangan suhu udara yang panas, namun perlu Anda ketahui jika terlalu lama diam di ruangan yang ber-Ac memiliki efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. 

Beberapa penelitian membuktikan, seseorang yang berada di ruangan terbuka mempunyai keuntungan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Alasanya adalah, sistem kerja sel-sel darah putih yang mempunyai tugas untuk melawan bakteri membutuhkan oksigen yang lebih banyak agar bekerja secara maksimal.
Tapi karena tempat kerja yang  ber-AC  membuat karyawan di perkotaan harus mau menghabiskan waktunya hampir 9 jam lebih. Hal ini di perparah dengan waktu istirahat di rumah dengan memasang AC di kamar.
 
Sudah pasti kondisi sepeti ini dengan cepat mempengaruhi kesehatannya. Gangguan  yang paling umum adalah infeksi pernapasan  dengan penyakit seperti flu dan pilek.  Sedangkan penyakit lain yang sering datang dari damapak ruangan ber-AC adalah sakit kepala dan juga tenggorokan gatal. Cara kerja AC menghasilkan udara dingin  dengan proses penguapan  adalah salah satu gejala yang bisa mengeringkan selaput lendir pada mulut dan juga mulut.

Daya kerja hidung, sinus dan tenggorokan terletak pada kelembaban dalam membran yang bertugas dalam menjaga kekebalan tubuh. Jadi ketika membran dalam kondisi lembab, sel –sel imun mampu menarik virus dan bakteri kedalam perangkap sebagai awal pertahanan tubuh terhadap pathogen udara.

Hal di atas di perparah dengan pengguan Ac yang tidak memliki Humidifier  yang berakhir udara di sekitar menjadi kering. Radiasi lain yang secara langsung adalah udara dingin dan kering bisa merusak pori-pori kulit Anda. Perlu Anda catat, orang yang menghabiskan waktunya di ruangan ber-AC berdampak pada kulit dermatis dan juga eksim.

Namun Anda tak perlu cemas, karena Saya akan berbagi info untuk mengurangi akibat buruk dari ruangan ber-Ac ini :

1. Ketika dalam bekerja di ruangan yang berkantor, usahakanlah untuk keluar sebentar, misalnya bung air kecil atau manfaat waktu makan siang Anda dengan menghirup udara yang alami. Sedangkan untuk Anda yang di rumah, usahakan pintu dan jendela kamar Anda terbuka  agar sinar matahari bisa masuk.

2. Sesuaikanlah suhu Ac agar tidak terjadi shock akibat suhu yang berubah ketika Anda kembali dari luar kantor. Perubahan suhu yang secara mendadak bisa mengganggu persendian Anda.

3. Walaupun berada di rungan ber-AC dehidrasi tetap akan bisa terjadi, jadi sebaiknya Anda tetap meminum air putih yang cukup  agar terhindar dari dehidrasi yang sangat hebat.    

Maka tak heran untuk kota-kota besar di sediakan hutan Kota, semua ini untuk konsumsi udara yang sehat.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga ada manfaatnya bagi kehidupan kita semua.

Artikel Penting Lainnya

widget CAD
Copyright © 2013 | sdncigulingan.blogspot.com | Powered by : blogger