Sabtu, 09 Maret 2013

Sehat Gak Ya Mandi Malam Jika sudah Berolahraga

Sehat Gak Ya Mandi Malam Jika sudah Berolahraga ?
Untuk orang yang mendiami perkontaan dan aktivitas yang sangat padat membuat jadwal olahraganya menjadi terabaikan. Maka dari itu, tak heran apabila warga masyarakat yang sibuk dengan pekerjaanya memilih malam hari untuk berolahraga. Namun yang jadi pertanyaan besar adalah, apakah orang yang mandi setelah berolahraga malam mempunyai  efek yang baik atau buruk bagi kesehatan ? apalagi untuk sekarang fasilitas olaharaga sudah sangat modern dan pilihan olahraga malam pun banyak jenisnya seperti Futsal, bulutangkis, tenis bersama rekan kerja setelah jam pulang kerja.

Tapi hal yang biasa di lakukan setelah olahraga adalah mandi, tujuannya sih untuk kesegaran, menghilangkan bau badan dan membersihkan keringat yang menempel pada tubuh. Namun perlu Anda ketahui, jika tak ingin sakit ketika mandi di malam hari sebaiknya perhatikan waktu yang pas untuk mandi. Sebenarnya mandi setelah olahraga malam tidak masalah sih, asalkan olahraga di tempat terbuka gak boleh saat cuaca dingin terkena embun pagi dan angin malam langsung mandi. Hal ini di sampaikan oleh dr. T Bahdar Johan. SpPD.

Dr Bahdar sendiri pernah menekuni olahraga polo air yang bebagi pengalaman berlatih pada waktu malam hari tetap membuatnya selalu sehat.  Yang terpenting adalah  jangan sampai kedinginan dan membuat badan Anda jagi mengigil, tapi istirahat dulu sebentar agar keringatnya hlang baru boleh mandi.

Ketika badan berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan kelenjar keringat bekerja untuk menghangatkan kembali tubuh. Jadi kalau orang mandi langsung maka yang terjadi adalah panas tubuhnya tidak akan keluar dan kelenjar keringatnya menjadi jelek.

Kondisi ini natinya bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka dan timbul bintik-bintik seperti orang meriang, bahkan yang lebih parahnya lagi dapat memicu terjadinya penyempitan pembulu darah. Kejadian ini biasanya di temukan pada orang yang biasa mandi menggunakan air hangat.

Bukan mandi saja loh, setelah berolahraga pun sangat tidak di anjurkan sekali untuk langung minum air dingin seperti minuman yang di simpan dalam lemari pendingin. Dampak dari minum air dingin ini adalah bisa menurunkan daya tahan lokal yang bisa beakibat terjadinya penyempitan pembuluh darah pada tenggorokan atau pun mulut yang bisa memicu batuk, flu dan pilek.

Boleh saja kalau ingin minuman dingin asalkan tidak boleh beku, seperti suhu 20-an derajat gak apa-apa sih untuk di minum sehabis berolahraga. Maka dari pada itu apabila Anda ingin mandi setelah berolahraga malam, sebaiknya tahan dulu sampai keringat Anda benar-benar kering. Dan janganlah berani langsung minum air dingin jika badan Anda masih berkeringat.

Sekian dulu artikel kali ini, Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi Anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Penting Lainnya

widget CAD
Copyright © 2013 | sdncigulingan.blogspot.com | Powered by : blogger